Pengertian E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan
dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai
untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk
value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen
rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,
penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau
kombinasi di antaranya.
Kelebihan Dan Kekurangan E-Business
Kelebihan :
1. Akses
Mudah
Agar bisa berhubungan dengan konsumen,
pebisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang baik dan memadai
2. Menghemat
Waktu
Jika bisnis yang dilakukan pada umumnya
harus pergi ke tempat konsumen maupun rekan-rekan bisnis lainnya untuk
melakukan transaksi maupun kerjasama. Maka berbeda dengan e-business, segala
jenis komunikasi dilaksanakan secara online di internet.
3. Lebih
Tepat Sasaran
Para peminat bisnis yang kita usahakan
akan datang kepada kita. Sedangkan yang tidak berminat,tidak perlu mengindahkan
iklan yang kita buat sebagai pebisnis.
4. Tidak
Membutuhkan Modal Besar
Banyak orang beranggapan bahwa untuk
memulai berbisnis harus mempunyai modal uang yang besar. Menurut saya hal
tersebut adalah pendapat yang kurang tepat, karena setiap orang bisa memulai
bisnis internet bahkan tanpa modal sekalipun. Asalkan memiliki koneksi internet
yang baik dan bisa menggaet kerja sama yang baik dengan pebisnis lain. Salah
satu contoh e-business tanpa modal yaitu bisnis reseller. Kita menjual ulang
barang-barang yang dijual oleh penjual lain. Sebelumnya, kita harus mengajak
kerjasama kepada penjual tersebut untuk menentukan kesepakatan harga. Selain
bisnis reseller,masih ada banyak lagi bisnis internet tanpa modal lainnya.
Modal yang paling penting yang harus kita miliki adalah adanya akses internet
dan keberanian untuk menjalankan bisnis ini.
Kelemahan
:
1. Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara
Langsung Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses
antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung,
mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu.
2. Resiko Penipuan Lebih Tinggi Dibanding
Bisnis Lainnya Karena tidak ada pertemuan antara pebisnis dengan konsumen
maka akan sering terjadi penipuan jika konsumen ataupun calon pebisnis (pemula)
kurang pengetahuannnya mengenai seluk beluk bisnis internet.
Sekarang ini sedang menjamur bisnis MLM
(Multi Level Marketing) lewat internet yang menawarkan kerja mudah dengan gaji fantastis.
Kita perlu curiga dalam hal ini, jangan
mudah percaya dengan testimoni-testimoni yang ada di halaman website tersebut.
Karena bisa saja hal itu sudah diatur oleh oknum bisnis abal-abal tersebut.
Jenis-Jenis E-Business
1. Business-to-Business
(B2B).
Semua partisipan di dalam B2B e-commerce
adalah pebisnis atau organisasi lain. Sebagai contoh beberapa aplikasi
Mark&Spencer’s terdiri B2B dengan supplier. Saat ini, 85% dari volume EC
adalah B2B (Cunningham 2001).
2. Business-to-consumer
(B2C).
Meliputi transaksi eceran (Retail
transaction) dari suatu produk dan jasa dari pebisnis ke pembeli individu. Tipe
pembeli seperti di Mark&Spencer online atau pada Amazon.com adalah customer
atau consumer. EC tipe ini disebut juga e-tailing.
3. Business-to-business-to-Consumer
(B2B2C).
Tipe bisnis ini menyediakan produk dan
jasa untuk klien bisnis. Klien bisnis memelihara pelanggannya, yang dapat
sebagai karyawannya, untuk mana produk dan jasanya disediakan tanpa menambahkan
nilai tambah lainnya. Satu contoh adalah satu perusahaan yang membayar AOL
(American Online) untuk menyediakan karyawannya akses internet (dari sekadar
4. Consumer-to-business
(C2B).
meliputi individu yang menggunakan internet
untuk menjual produk dan jasa kepada organisasi, seperti layaknya seorang
individu mencari penjual untuk untuk menawarkan produk atau jasanya seperti
yang mereka inginkan. Priceline.com dikenal sebagai C2B organizer untuk
beberapa transaksi.
5. Consumer-to-consumer
(C2C).
Dalam kategori ini, konsumen yang satu
akan menjual langsung kepada konsumen yang lain. Sebagai contoh seorang
individu menjual mobil, rumah (property), dan seterusnya dalam klasifikasi
online. Penawaran jasa individu melalui internet dan menjual pengetahuan dan
keahlian secara online adalah contoh dari C2C. Sebagai tambahan, banyak situs
pelelangan mengijinkan kepada perorangan/individu untuk menempatkan item-item
mereka untuk di lelang.
6. Mobile
commerce (m-commerce).
Transaksi EC yang dilakukan secara penuh
atau sebagian di dalam lingkunagn nirkabel (Wireless). Sebagai contoh, beberapa
orang yang diperlengkapi dengan cell phones, orang dapat melakukan order buku
dari amazon.com atau hal-hal yang berhubungan dengan perbankan. Banyak aplikasi
m-commerce terdiri dari perangkat bergerak berbasis internet (Internet-enabled
mobile devices).
7. Intrabsuiness
EC.
Mencakup semua aktivitas internal
organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau informasi diantara
beberapa unit dan individu di dalam
8. Business-to-employees
(B2E).
Adalah bagian dari Intrabisnis, dimana
suatu organisasi mengirimkan jasa, informasi, atau produk kepada karyawan
individu, seperti yang dilakukan oleh Maybelline.
9. Collaborative
commerce.
Ketika individu atau kelompok melakukan
kolaborasi, mereka akan tumbuh kedalam collaborative commerce. Sebagai contoh,
rekan bisnis di dalam suatu lokasi yang berbeda dapat mendesign produk mereka
secara bersamaan, menggunanakan screen sharing, atau mereka secara bersama-sama
memperkirakan jumlah permintaan dari suatu produk, seperti yang dilakukan oleh
Mark&Spencer dan suppliernya.
10. Nonbusiness
EC.
Pertumbuhan jumlah dari institus
non-profit seperti institusi akademik, organisasi non-profit, organisasi
kerohanian, organisasi social, dan agen-agen pemerintah yang menggunakan EC
telah menurunkan pengeluaran mereka atau untuk meningkatkan proses operasi dan
layanan kepada pelanggan.
11. E-Learning.
Training atau edukasi yang disajikan
secara online. E-Learning digunakan secara mendalam di dalam suatu perusahaan
untuk pelatihan karyawannya (disebut e-training). E-Learning juga disebut
sebagai universitas maya.
12. Exchange-to-exchange
(E2E).
Merupakan Pasar Publik Electronik (Public
Electronic Market) diantara pembeli dan penjual.
13. E-Government.
Di dalam e-Government EC, entitas di dalam
pemerintahan membeli atau menyediakan barang-barang, jasa, atau informasi
kepada pelaku bisnis (G2B) atau kepada warganya (G2C).
Peranan E-Business
Penggunaan teknologi internal hingga ke
perkerjaan yang berkaitan dengan internal dan pemberdayaan proses bisnis,
e-commerce, dan kerja sama usaha dalam sebuah perusahaan dan dengan para
pelanggan, pemasok, serta pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder)
lainnya.
Pengertian E-Commerce
Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah
kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang
dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau
jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi
dan penerapan dari e-bisnis (ebusiness) yang berkaitan dengan transaksi
komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain
management), e-pemasaran (emarketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran
data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Kelebihan Dan Kekurangan E-Commerce
Kelebihan :
• Dapat
meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,
• Mengurangi
biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.
• Mengurangi
waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki
waktu lebih cepat.
• Mengurangi
biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi.
Kekurangan :
• Menggunakan
internet yang tidak mungkin di akses di seluruh kota khusunya daerah pedalaman.
• Penjelasan
mengenai item hanya sedikit hanya meliputi dasar-dasar item tersebut.
• Tampilan
webnya sangat monoton.
• Barang
yang di jual tidak di tampilkan seluruhnya.
• Jika
item yang di jual kurang bagus dengan spesifikasi maka pihak pembeli masih
binggung komplain.
Jenis-Jenis
E-Commerce
1.
Business to Businnes (B2B)
Business to Businnes dalam E-Commerce memiliki
karakteristik ;
1. Trading
partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (Relationship) yang
cukup lama.maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan
kebutuhan dan kepercayaan (Trust)
2. Pertukaran
data ( Data Exchange) berlangsung berulang –ulang dn secra berkala ,misalnya
setiap hari ,dengan format dta yang sudah disepakati bersama.
3. Salah
satu pelaku dapat melakukan inisiatif untukmengirimkan data,tidak harus
menunggu partnernya
4. Model
yang umum digunakan adalah peer – to –peer ,dimana processing inteligence dapat
didistribusikan di kedua pelaku bisnis
2. Business to Consumer (B2C)
Business to Consumer e-Commerce memiliki karakteristik
sebagai berikut:
1. Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
1. Servis
yang diberikan bersifat umum (generic)
dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh,
karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan
basis Web.
2. Servis
diberikan berdasarkan permohonan (on
demand). Konsumen melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon
sesuai dengan permohonan.
3. Pendekatan client/server
sering digunakan dimana
diambil asumsi (cli
ent consumer) menggunakan
sistem yang minimal
(berbasis
Web) dan processing (business procedure) diletakkan di
sisi server.
3. Consumen to consumen (C2C)
Dalam
C2C seseorang menjual
produk atau jasa
ke orang lain.
Dapat juga disebut sebagai pelanggan
ke pelanggan yaitu
orang yang menjual produk
dan jasa ke satu
sama lain.
4. Comsumen to Business(C2B).
Dalam C2B konsumen memberitahukan
kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu,
dan para pemasok
bersaing untuk menyediakan
produk atau jasa
ters
ebut ke konsumen. Contohnya di priceline.com,
dimana pelanggan menyebutkan produk
dan harga yang diinginkan, dan priceline mencoba menemukan pemasok yang
memenuhi kebutuhan tersebut.
Peranan
E-Commerce
Pada zaman dahulu manusia melakukan
transaksi lebih banyak ditempat keramaian lalu saling menukar antar barang satu
dengan barang yang lain tetapi pada saat ini manusia berdagang dan melakukan
transaksi biasanya dipasar. baik pasar tradisional maupun pasar modern
transaksi seperti memang lebih efektif saling bertemu dan dapat melihat barang
yang akan dibeli.
Melihat perkembangan teknologi yang
semakin pesat dan meningkat kita tidak dapat mengelak peranan teknologi
terutama peranan internet. Peranan internet sangat penting dalam menunjang
penjualan sebuah produk serta mempermudah untuk melakukan berbagai macam
bertransaksi.
e-
commerce sendiri mulai dibicarakan orang pada tahun 2006 dimana setiap
orang dapat berjualan atau menjajakan dagangannya melalui situs- situs yang
dibuat sendiri maupun dengan beberapa jaringan sosial yang disediakan oleh
beberapa situs sosial. Pengertian e-
commerce sendiri adalah proses perdagangan melalui internet dimana pada era
seperti ini banyak orang yang mulai jenuh dengan harus bolak- balik kepasar
untuk berjualan dan membeli barang yang diingini. Apa saja barang- barang yang
dapat dijual pada perdagangan didunia maya? Yaitu bisa berupa tanah, mobil,
peralatan komputer, rumah, dan masih banyak banak yang lain. Kalau kita buka
situs- situs jaringan sosial hampir semua dari mereka memasang iklan penjualan
agar menarik pembeli untuk membeli barang yang mereka tawarkan.
Metode e-commerce merupakan
suatu konsep yang mempertemukan dua entitas yang saling membutuhkan, suatu entitas
menjual sesuatu, sementara entitas yang lain mengingikan barang yang yang
diingini. Konsep yang sederhana ini didukung oleh teknologi internet yang kian
pesat, menimbulkan terobosan- terobosan menarik yang telah kita rasakan
manfaatnya hingga saat ini. E-commerce
merupakan salah satu bukti penting untuk mempermudah penyebaran informasi, yang
semoga ters bertambah baik dan bermanfaat bagi pengguna.
Mengenai Autoinfo
Autoinfo adalah aplikasi jual beli online
yang melayani konsumen untuk memberi kemudahan dalam proses transaksi jual beli
dalam bidang otomotif. Disini kami akan memberikan segala jenis otomotif
keluaran terbaru yang konsumen butuhkan dan kami akan melayani service dimana
pun konsumen berada. Autoinfo merupakan system informasi dalam bisnis online.
Kelebihan
Kelebihan Aplikasi ini sangat detail dalam
informasinya mulai dari kerja mesin, suspense, kesenyapan dalam mesin, rem
cakramnya, akselarisi dari 0100Km berapa detik, dapat secara langsung melihat
foto asli sesuai barangnya,
Kekurangan
Biaya pengiriman mahal karena biasanya barangnya besat dan
berat,
Tata Cara
1. Buka
link nya
2. Pilih
barang yang anda inginkan
3. Klik
barangnya dan lihat spesifikasi dan hal hal lainnya
4. Jika
sudah sesuai keinginan anda
5. Klik
beli
6. Pilih
via pembayaran
7. Lakukan
transaksi sesuia nominal
8. Autoinfo
akan mengirim barang pesanan anda
*jika transaksi sudah lunas
9. Barang
akan sampai ditempat anda paling lama 3 hari setelah transfer
Selamat mencoba!
Cara Penggunaan
1. Dapat
diakses di situs web
2. Dapat diakses melalui gadget atau pc
17 komentar:
thanks min infonya
nyimak min
mantapp kaka
Waw...ilmunya keren banget. Makasih udah di share.
#jayaslalu
Waw...ilmunya keren banget. Makasih udah di share.
#jayaslalu
Makasihh ka infonya
jadi tau macam2 e-business
cocok artikel nya untuk anak adbis seperti saya, terimakasih infonya
Thanks infonya ☺
Bermanfaat banget
Sama-sama
Semoga bermanfaat ya
Iya sama-sama gan
Okeh sama2 gan
Amiinnn.makasih
Semoga bermanfaat ya
Nambah info nih, lanjutkan yaaa
Posting Komentar