BUSINESS SOFTWARE APLIKASI
ZALORA
ANGGIE
AGNESIA CHAHYATIE
(1501154399)
AB-39-06
S1 ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS
UNIVERSITAS TELKOM
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
A. Pengertian E-Business
Pengertian
e-Business atau definisi
e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business
memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data
internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga
banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan,
serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value
chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai
suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan
pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business
memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan
perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di
antaranya.
B. Kelebihan Dan Kekurangan E-Business
Kelebihan :
1.
Akses Mudah
Agar bisa berhubungan dengan
konsumen, pebisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang baik dan memadai
2.
Menghemat Waktu
Jika bisnis yang dilakukan pada umumnya harus pergi ke
tempat konsumen maupun rekan-rekan bisnis lainnya untuk melakukan transaksi maupun
kerjasama. Maka berbeda dengan e-business, segala jenis komunikasi dilaksanakan
secara online di internet.
3.
Lebih Tepat
Sasaran
Para peminat bisnis yang kita usahakan akan datang kepada
kita. Sedangkan yang tidak berminat,tidak perlu mengindahkan iklan yang kita
buat sebagai pebisnis.
4.
Tidak
Membutuhkan Modal Besar
Banyak orang beranggapan bahwa untuk memulai berbisnis harus
mempunyai modal uang yang besar. Menurut saya hal tersebut adalah pendapat yang
kurang tepat, karena setiap orang bisa memulai bisnis internet bahkan tanpa
modal sekalipun. Asalkan memiliki koneksi internet yang baik dan bisa menggaet
kerja sama yang baik dengan pebisnis lain. Salah satu contoh e-business tanpa
modal yaitu bisnis reseller. Kita menjual ulang barang-barang yang dijual oleh
penjual lain. Sebelumnya, kita harus mengajak kerjasama kepada penjual tersebut
untuk menentukan kesepakatan harga. Selain bisnis reseller,masih ada banyak
lagi bisnis internet tanpa modal lainnya. Modal yang paling penting yang harus
kita miliki adalah adanya akses internet dan keberanian untuk menjalankan
bisnis ini.
Kelemahan :
1.
Tidak
Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung
Salah satu kelemahan dari
e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa
terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk
bertemu.
2.
Resiko
Penipuan Lebih Tinggi Dibanding Bisnis Lainnya Karena tidak ada pertemuan
antara pebisnis dengan konsumen maka akan sering terjadi penipuan jika konsumen
ataupun calon pebisnis (pemula) kurang pengetahuannnya mengenai seluk beluk
bisnis internet.
Sekarang ini sedang menjamur bisnis MLM (Multi Level Marketing)
lewat internet yang menawarkan kerja mudah dengan gaji fantastis. Kita perlu
curiga dalam hal ini, jangan mudah percaya dengan testimoni-testimoni yang ada
di halaman website tersebut. Karena bisa saja hal itu sudah diatur oleh oknum
bisnis abal-abal tersebut.
C. JENIS-JENIS E-BUSINESS
1.
Business-to-Business (B2B).
Semua partisipan di dalam B2B
e-commerce adalah pebisnis atau organisasi lain. Sebagai contoh beberapa
aplikasi Mark&Spencer’s terdiri B2B dengan supplier. Saat ini, 85% dari
volume EC adalah B2B (Cunningham 2001).
2.
Business-to-consumer (B2C).
Meliputi transaksi eceran (Retail
transaction) dari suatu produk dan jasa dari pebisnis ke pembeli individu. Tipe
pembeli seperti di Mark&Spencer online atau pada Amazon.com adalah customer
atau consumer. EC tipe ini disebut juga e-tailing.
3.
Business-to-business-to-Consumer (B2B2C).
Tipe bisnis ini menyediakan
produk dan jasa untuk klien bisnis. Klien bisnis memelihara pelanggannya, yang
dapat sebagai karyawannya, untuk mana produk dan jasanya disediakan tanpa
menambahkan nilai tambah lainnya. Satu contoh adalah satu perusahaan yang
membayar AOL (American Online) untuk menyediakan karyawannya akses internet
(dari sekadar
4.
Consumer-to-business (C2B).
meliputi individu yang menggunakan internet
untuk menjual produk dan jasa kepada organisasi, seperti layaknya seorang
individu mencari penjual untuk untuk menawarkan produk atau jasanya seperti
yang mereka inginkan. Priceline.com dikenal sebagai C2B organizer untuk
beberapa transaksi.
5.
Consumer-to-consumer (C2C).
Dalam kategori ini, konsumen yang
satu akan menjual langsung kepada konsumen yang lain. Sebagai contoh seorang
individu menjual mobil, rumah (property), dan seterusnya dalam klasifikasi
online. Penawaran jasa individu melalui internet dan menjual pengetahuan dan
keahlian secara online adalah contoh dari C2C. Sebagai tambahan, banyak situs
pelelangan mengijinkan kepada perorangan/individu untuk menempatkan item-item
mereka untuk di lelang.
6.
Mobile commerce (m-commerce).
Transaksi EC yang dilakukan
secara penuh atau sebagian di dalam lingkunagn nirkabel (Wireless). Sebagai
contoh, beberapa orang yang diperlengkapi dengan cell phones, orang dapat
melakukan order buku dari amazon.com atau hal-hal yang berhubungan dengan
perbankan. Banyak aplikasi m-commerce terdiri dari perangkat bergerak berbasis
internet (Internet-enabled mobile devices).
7.
Intrabsuiness EC.
Mencakup
semua aktivitas internal organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau
informasi diantara beberapa unit dan individu di dalam 8. Business-to-employees
(B2E).
Adalah bagian dari Intrabisnis,
dimana suatu organisasi mengirimkan jasa, informasi, atau produk kepada
karyawan individu, seperti yang dilakukan oleh Maybelline.
9.
Collaborative commerce.
Ketika individu atau kelompok
melakukan kolaborasi, mereka akan tumbuh kedalam collaborative commerce.
Sebagai contoh, rekan bisnis di dalam suatu lokasi yang berbeda dapat mendesign
produk mereka secara bersamaan, menggunanakan screen sharing, atau mereka
secara bersama-sama memperkirakan jumlah permintaan dari suatu produk, seperti
yang dilakukan oleh Mark&Spencer dan suppliernya.
10. Nonbusiness
EC.
Pertumbuhan jumlah dari institus
non-profit seperti institusi akademik, organisasi non-profit, organisasi
kerohanian, organisasi social, dan agen-agen pemerintah yang menggunakan EC
telah menurunkan pengeluaran mereka atau untuk meningkatkan proses operasi dan
layanan kepada pelanggan.
11. E-Learning.
Training atau edukasi yang
disajikan secara online. E-Learning digunakan secara mendalam di dalam suatu
perusahaan untuk pelatihan karyawannya (disebut e-training). E-Learning juga
disebut sebagai universitas maya.
12. Exchange-to-exchange
(E2E).
Merupakan Pasar Publik Electronik
(Public Electronic Market) diantara pembeli dan penjual.
13. E-Government.
Di dalam e-Government EC, entitas
di dalam pemerintahan membeli atau menyediakan barang-barang, jasa, atau
informasi kepada pelaku bisnis (G2B) atau kepada warganya (G2C).
D. Peranan E-Business
Penggunaan teknologi internal hingga ke perkerjaan yang
berkaitan dengan internal dan pemberdayaan proses bisnis, e-commerce, dan kerja
sama usaha dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, serta
pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder) lainnya.
E. Pengertian E-Commerce
Pengertian
E-Commerce atau definisi
e-commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan
e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (ebusiness) yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran (emarketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI),
dll.
F. Kelebihan Dan Kekurangan E-Commerce
Kelebihan :
• Dapat
meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,
• Mengurangi
biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.
• Mengurangi
waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki
waktu lebih cepat.
• Mengurangi
biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi.
Kekurangan :
• Menggunakan
internet yang tidak mungkin di akses di seluruh kota khusunya daerah pedalaman.
• Penjelasan
mengenai item hanya sedikit hanya meliputi dasar-dasar item tersebut.
• Tampilan
webnya sangat monoton.
• Barang
yang di jual tidak di tampilkan seluruhnya.
• Jika
item yang di jual kurang bagus dengan spesifikasi maka pihak pembeli masih
binggung komplain.
G. Jenis-Jenis
E-Commerce
1.
Business to Businnes (B2B)
Business to Businnes dalam
E-Commerce memiliki karakteristik ;
1.
Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya
memiliki hubungan (Relationship) yang cukup lama.maka jenis informasi yang
dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (Trust)
2.
Pertukaran data ( Data Exchange) berlangsung berulang
–ulang dn secra berkala ,misalnya setiap hari ,dengan format dta yang sudah
disepakati bersama.
3.
Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif
untukmengirimkan data,tidak harus menunggu partnernya
4.
Model yang umum digunakan adalah peer – to –peer
,dimana processing inteligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis
2.
Business to Consumer (B2C)
Business to Consumer e-Commerce
memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Terbuka
untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
1.
Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat
digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum
digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
2.
Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumen melakukan inisiatif dan
produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
3.
Pendekatan client/server
sering digunakan dimana
diambil asumsi (cli
ent consumer) menggunakan
sistem yang minimal
(berbasis
Web) dan
processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
3. Consumen to consumen (C2C)
Dalam C2C
seseorang menjual produk
atau jasa ke
orang lain. Dapat
juga disebut sebagai pelanggan
ke pelanggan yaitu
orang yang menjual produk
dan jasa ke
satu sama lain.
4. Comsumen to Business(C2B).
Dalam C2B konsumen memberitahukan kebutuhan atas suatu
produk atau jasa tertentu,
dan para
pemasok bersaing untuk
menyediakan produk atau
jasa ters ebut ke konsumen. Contohnya di priceline.com,
dimana pelanggan menyebutkan produk
dan harga yang diinginkan, dan priceline mencoba menemukan pemasok yang
memenuhi kebutuhan tersebut.
H. Peranan
E-Commerce
Pada zaman dahulu manusia
melakukan transaksi lebih banyak ditempat keramaian lalu saling menukar antar
barang satu dengan barang yang lain tetapi pada saat ini manusia berdagang dan
melakukan transaksi biasanya dipasar. baik pasar tradisional maupun pasar
modern transaksi seperti memang lebih efektif saling bertemu dan dapat melihat
barang yang akan dibeli.
Melihat perkembangan teknologi
yang semakin pesat dan meningkat kita tidak dapat mengelak peranan teknologi
terutama peranan internet. Peranan internet sangat penting dalam menunjang
penjualan sebuah produk serta mempermudah untuk melakukan berbagai macam
bertransaksi.
e- commerce sendiri mulai dibicarakan orang pada tahun 2006 dimana
setiap orang dapat berjualan atau menjajakan dagangannya melalui situs- situs
yang dibuat sendiri maupun dengan beberapa jaringan sosial yang disediakan oleh
beberapa situs sosial. Pengertian e-
commerce sendiri adalah proses perdagangan melalui internet dimana pada era
seperti ini banyak orang yang mulai jenuh dengan harus bolak- balik kepasar
untuk berjualan dan membeli barang yang diingini. Apa saja barang- barang yang
dapat dijual pada perdagangan didunia maya? Yaitu bisa berupa tanah, mobil,
peralatan komputer, rumah, dan masih banyak banak yang lain. Kalau kita buka
situs- situs jaringan sosial hampir semua dari mereka memasang iklan penjualan
agar menarik pembeli untuk membeli barang yang mereka tawarkan.
Metode e-commerce merupakan suatu konsep yang mempertemukan dua entitas
yang saling membutuhkan, suatu entitas menjual sesuatu, sementara entitas yang
lain mengingikan barang yang yang diingini. Konsep yang sederhana ini didukung oleh
teknologi internet yang kian pesat, menimbulkan terobosan- terobosan menarik
yang telah kita rasakan manfaatnya hingga saat ini. E-commerce merupakan salah satu bukti penting untuk mempermudah
penyebaran informasi, yang semoga ters bertambah baik dan bermanfaat bagi
pengguna.
I. Sejarah
Zalora
ZALORA, adalah sebuah toko
online yang baru-baru ini ikut meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. ZALORA adalah partner dari toko barang
elektronik Lazada.co.id. Lokasi kantor ZALORA Indonesia berada di Menara
Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Menteng Dalam,
Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia).
J. Perkembangan
Situs Zalora
Situs belanja online ini
merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di
lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara,
seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand,
dan FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan
berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua
orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam
memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti
melalui Google, Facebook, Twitter, hingga kini merambah ke media eleltronik.
K. Sistem
Penjualan
1.
Pembayaran Cash on Delivery
Kami menawarkan pembayaran Cash on
Delivery! Atau dikenal dengan COD. Dengan pembayaran ini Anda dapat membayar
tunai saat barang diterima. Sangat mudah dan praktis.*(*) Hanya untuk Kota
Jakarta dan sekitarnya, Kota Surabaya, Kota Medan, Kota Makassar, Kota
Semarang, Kota Denpasar dan sekitarnya, Kota Yogyakarta, dan Kota Bandung dan
sekitarnya.
2.
Transfer Bank
Anda bisa membayar pesanan Anda dengan cara transfer ke
rekening kami di BCA atau Bank Mandiri. Informasi nomor rekening tujuan akan
diberikan saat Anda selesai berbelanja dan juga melalui email konfirmasi dari
kami.
3.
Kartu Kredit (Visa dan Mastercard)
Masukkan nomor kartu dan kode keamanan (security code) Anda
di kolom pembayaran pada halaman checkout.
L. Cara
Membuat Akun Zalora
Cara 1: Daftar Lewat Transaksi
Belanja
•
Setelah Anda selesai memilih produk yang Anda inginkan
dan ingin melanjutkan ke pembayaran, Anda akan diarahkan ke halaman
Login/Daftar.
•
Klik Lanjutkan.
•
Di halaman selanjutnya, lengkapi data-data di kolom
Informasi Anda.
•
Selesaikan transaksi Anda dan secara otomatis, akun
Anda di ZALORA berhasil dibuat.
Cara 2: Daftar Tanpa Transaksi
Belanja
•
Klik Akun yang ada di pojok kanan atas website ZALORA.
•
Di halaman selanjutnya, lengkapi data-data Anda dan
klik Simpan.
•
Setelah itu, Anda akan dibawa masuk ke halaman Akun
Anda. Setelah Anda selesai mendaftar, akan ada konfirmasi yang dikirimkan ke
alamat email yang Anda masukkan.
M. Langkah-Langkah
Membeli Produk Zalora
Berikut adalah
langkah-langkahnya :
•
Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa
langsung klik
produk yang diinginkan.
•
Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan
dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
•
Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin
dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
•
Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda
sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum
memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
•
Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda
akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi. o Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat
Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda. o Kolom Kedua: Metode Pembayaran.
Pilih metode
pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank,
atau kartu kredit). o Kolom Ketiga:
Konfirmasi Pesanan.
Pastikan barang yang ingin Anda
pesan sudah sesuai.
•
Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah
dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan
Anda bisa menunggu email notifikasi dari kami.
N. Kelebihan
Dan Kekurangan Zalora
Adapun kelebihan dan
kekurangannya, sebagai berikut :
1.Kelebihan
a.
Dapat di lihat melalui HP
b. Tampilannya
yang menarik
c.
Barang dapat di kembalikan jika tidak puas dengan
barang yang sudah di pesan dan di beli dengan syarat & ketentuan yang
berlaku.
d. Gratis
ke seluruh Indonesia. Tanpa minimum untuk Jabodetabek. Untuk Pulau Jawa, Bali,
Sumatera dan Kalimantan, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di
bawah Rp 200,000. Untuk Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara, akan
dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 300,000.
2. Kekurangan
a.
Websitenya semakain berat
b. Kurang
begitu mengupdate yang terbaru
Untuk analisis grafik penjualannya menurut saya semakin banyak yang
mengunjungi dan tertarik untuk berbelanja maka grafiknya akan naik sebaliknya
jika tidak banyak yang mengunjungi dan tidak begitu puas dengan apa yang sudah
debeli maka grafiknya pun akan menurun.
O. Capture Aplikasi Zalora
Berikut ini beberapa capture menu pada aplikasi zalora :
PENUTUP
Kelompok 6
Nama Aplikasi : Otoinfo
Fungsi :
•
untuk mencari tahu informasi apa tentang
otomotif dari mobil, motor, truck, pesawat dan lain-lain.
• untuk
mengetahui calon pembeli mobil yang diimpikan.
•
dapat mencari mobil tipe mana yang tepat untuk
kebutuhannya dan keuangannya
Kelebihan :
•
aplikasi ini sangat detail dalam informasinya
mulai dari kerja mesin, suspensi, kesenyapannya, rem cakramnya,akerelasi dari
0-100km perdetiknya.
REFERENSI
file:///F:/tugas%20aplikom/Sistem%20Informasi%20dan%20Teknologi%20Infor
masi_%20E-Business%20dan%20E-Commerce.html file:///F:/tugas%20aplikom/Kelebihan%20dan%20Kelemahan%20ebusiness%20_%20Rainbow%20Miracle.html
file:///F:/tugas%20aplikom/nugroho%20eko%20adji.html
file:///F:/tugas%20aplikom/%E2%9A%A1Presentasi%20_SISTEM%20INFORM
ASI%20DALAM%20BISNIS%20Peran%20e-
Business%20dalam%20Bisnis%20Tren%20Sistem%20Informasi%201._.html
http://ridwanaz.com/teknologi/monitor/aplikasi-zalora-mobile-app-kemudahanbelanja-fashion-dari-smartphone/ https://yulytaverdianti.wordpress.com/2013/07/08/analisis-we-e-commercezalora/
4 komentar:
bermanfaat banget min
Mantapp
nyimak min
Mantappp
Posting Komentar